Let's Follow

About Me

Foto Saya
Anugrah Abdy Kautsar
Nama Saya adalah Anugrah Abdi Kautsar yang di lahirkan pada tanggal 19 juni 1997 , skarang usia gue 16 tahun (MUDA) .Prinsip - Hanya Teman;;) .face all the problems with patience and steadfast that all will work out his.
Lihat profil lengkapku
Blogger Bertuah
Blogger Bertuah
Minggu, 21 April 2013

Wisata Riau Ombak Bono Sungai Kampar

"Wisata Riau Ombak Bono Sungai Kampar" Malam ini saya bakal nge-posting cerita yang bertema "Ombak Bono & Sungai Kampar".  Saat pertama kali saya denger nama "Ombak Bono & Sungai Kampar" jujur saya sendiri juga masih bingung entah itu nama pantai,laut ataukah sungai.




Karna sudah kehabisan akal, akhirnya saya putusin untuk searching di google apa itu Ombak Bono & Sungai kampar tapi pertama-tama sebelum saya jelasin keseluruhannya, saya baru tau dari orangtua saya yang baru aja saya tanya bahwa Ombak Bono itu adalah fenomena alam yang sudah biasa terjadi karena disebabkan pertemuan arus pasang air laut dengan arus sungai dari hulu menuju hilir (kurang lebihnya yaa seperti itu).

lanjut, karena rasa kepo saya yang semakin menjadi-jadi akhirnya berbagai pertanyaan pun saya lempar ke orangtua sayaa, entah itu dari asal nama "Bono" sampai mitos-mitos nya pada zaman dahulu, konon katanya sih dulu dianggap sebagai sosok yang menyeramkan hihi kesannya jadi horror.
kembali ke tema " Ombak Bono & Sungai Kampar" jadi Nama "Bono" ini diambil dari dari sebuah cerita dulu kalanya, cerita ini juga sudah menjadi cerita yang turun-temurun dan "Bono" juga adalah bahasa pelalawan yang artinya "Benar" jujur saya makin gangerti._.

okee next langsung aja tulis lagi tang ombak bono. Jadi ombak bono seringkali terjadi pada waktu "bulan mati". Tau maksudnya apa? jadi maksud bulan mati disitu yaitu terjadi pada awal bulan atau akhir bulan (tanggal 1) tahun arab. ngomong soal arab gatau kenapa jadi flashback film ayat-ayat cinta gini yaa hehe. Oh iyaaa saya juga sekarang ini baru tauuu loh kalo tempat yang konon ditakutkan atau dianggep menyeramkan oleh warga setempat justru sekarang dijadiin tempat wisata khususnya untuk para peselancar. bagi peselancar atau wisatawan luar negeri mungkin ombak bono ini bisa merupakan penemuan yang mengagumkan seperti yang diungkapkan oleh chris mauro dalam tulisannya yang dimuat Grindtv.com :

“A dreamlike wave found in an Indonesian river is stunning surf world (sebuah gelombang impian yang ditemukan di salah satu sungai di Indonesia memukau dunia selancar),” tulis . Tulisan Mauro itu sendiri lantas merujuk pada apa yang ia sebut ‘penemuan luar biasa’ oleh tim (ekspedisi) Rip Curl baru-baru ini, yang menurutnya “mungkin tak tertandingi” (may be unrivaled).




Then, saat saya buka-buka lagi di google ternyata Ombak bono sungai kampar ini juga dikenal sebagai "Bono 7 hantu (Bono Seven Ghost) " loooh. kejadian ini terjadi pada tanggal 26 November 2011 dan di Bono juga konon ada sebuah perkampungan makhlus halusnya jugaaa looh *jadi makin horror.
Jadi menurut informasi yang saya dapat, ombak Bono ini mempunyai sebuah misteri yang cukup horror juga pastinya yaitu " Istana Jin orang Bunian di tajung sebayang ".

Bicara soal angkutan umum ternyata di Ombak bono ini juga ada tukang antar speedboots yang biasa disebut dengan "TEKONG". Untuk menjadi seorang Tekong atau pengemudi Speedboost kita harus mengetahui lika-liku perjalanan dan alur sungai, kepandaian membaca ini sangat diperlukan karena alurnya ini seringkali berubah-ubah yang disebabkan oleh perubahan dasar sungai, oh iya satu lagi yang harus kalian ketahui bahwasannya harga atau biaya Tekong ini sebesar Rp.300.000,00,- looh, itu udah sebanding banget sama kondisi uang pegangan saya sekarang-_- tapi setelah saya liat foto-foto dokumentasi yang ada di google emang gak heran juga dikenakan biaya sebesar itu, kalian bayangkan saja perjuangan dan susahnya untuk mengarungi ombak Bono ini, liat deh fotonya




Pada kebayang gaa kalo kalian sampai jatuh ke dasar air ombak bono itu?horor abeeeezzzz*
apalagi Di sungai itu, konon, ada tujuh gelombang yang merupakan jelmaan dari tujuh hantu. Masyarakat di sana sungguh takut padanya. Soalnya, dulu, ketujuh gelombang itu telah berkali-kali menelan kapal dan korban manusia.

Bicara tentang gelombang saya baru tau kalo gelombang ombak bono ini adalah jenis "tidal bore" . yang berarti gelombang yang terjadi karena adanya benturan arus sungai dengan arus laut. Akibat benturan itu, terciptalah gelombang yang tingginya antara 4 sampai 6 meter.  Gelombang seperti Bono hanya ada beberapa di dunia, loooooh. Tidak banyak! Salah satunya yang paling terkenal adalah gelombang Pororoca di Sungai Amazon, Brazil.

Lastpost, sebelum saya tutup postingan saya yang bertema " Wisata Riau Ombak Bono Sungai Kampar " ini saya mohon maaf kalo ada kesalahan kata atau sebagainya di dalam postingan saya ini, karena saya juga manusia biasa yang punya salah dan dosa hehe semoga postingan saya yang ini bisa masuk ke dalam 2 postingan terbaik di kontest blog Giveaway #2 amin hehe dan yang paling penting semoga bisa bermanfaat untuk kalian, ingat kata yang tertera di postingan ini " membaca itu sangat penting " dan chamwork sekarang saya cenderung jadi suka membaca, wassalaaam semuaa;;)






Istana Jin Orang Bunian di Tanjung Sebayang

Read more at: http://www.attayaya.net/2011/12/dikejar-ombak-bono-sungai-kampar.html
Diambil dari tulisan aslinya di http://www.attayaya.net

Bono Sungai Kampar




11 komentar:

Bono Sungai Kampar mengatakan...

Semoga Wisata Bono Sungai Kampar dapat lebih dikenal. Semoga berhasil dan sukses.

Elvina Yanti mengatakan...

kereeenn :) semoga kita semua menang .. hahaha :D BW back ya :)

Elvina Yanti mengatakan...

dan semoga Bono bisa dikenal di Dunia International lebih banyak lagi :)

Satgas Bertuah mengatakan...

ini juga ikutan salah pasang banner, perbaiki ....

attayaya @RiauMagz mengatakan...

weeeew....... ada TEKONG bawa perahu
ayo nulis terus supaya maju

Anugrah Abdy Kautsar mengatakan...

-Elviani : hehe amin makasih yaaa oke aku [BW] balik=)

-Satgas bertuah : udah om hehe maaf

Unknown mengatakan...

Wew, ada hantunya bro...
Jadi ngeri saya.

Sesama bertuah saling follow ya bro.

Anugrah Abdy Kautsar mengatakan...

Sereeeeeem abeeeeez wkwk

Mas rudy mengatakan...

wah keren nih Pos nya, semoga Ombak bono akan terus ada sob....

Anugrah Abdy Kautsar mengatakan...

makasih om hehe amin:-)

Sejarah Kota Pekanbaru - dailykurnia.com mengatakan...

mantab info nya Anugrah. lumayan detail, Lanjutkan tulisan mu, semakin banyak nulis , semakin dapat pashion nya.
Keep Calm & Win Giveaway! ^^

followers